Senin, 02 Februari 2009

Pesan buat penuntut ilmu

Taushiyyah bagi thalib al-‘ilm


“ Setiap malam menjelang tidur, engkau harus mengkaji dirimu sendiri; kebaikan apa yang telah engkau lakukan sepanjang hari itu dan untuk itu bersyukurlah kepada Allah ; dan perbuatan jahat apa (deed evil) yang telah engkau lakukan, lalu kemudian memohon ampun kepadaNya dan berjanjilah untuk tidak mengulanginya. Lalu pusatkan pikiran pada perbuatan baik yang mungkin engkau lakukan keesokan harinya- memohon agar Allah membantumu untuk melakukannya.”

Belajar adalah petualangan bersama yang melibatkan seorang ilmuwan yang lebih berpengalaman :

“ Janganlah belajar dari buku tanpa bantuan seorang guru, meskipun engkau yakin akan kemampuan daya pemahamanmu. Carilah seorang guru untuk setiap ilmu yang ingin engkau pelajari; bila gurumu hanya memiliki pengetahuan yang terbatas, maka ambillah semua yang dapat ia berikan sampai engkau menemukan seorang yang lebih berpengetahuan darinya. Engkau harus menghormati dan mengagungkannya dan jika tidak, lakukanlah hal itu dengan kata-kata dengan mengungkapkan kebaikan-kebaikannya.”

Berikut ini merupakan cara mengembangkan kebiasaan belajar yang baik didasarkan atas teori belajar yang kokoh:

“ Bila engkau membaca sebuah buku, berusaha keraslah untuk menghafal dan menguasai maknanya. Bayangkanlah bahwa buku tersebut telah hilang dan engkau dapat mengungkapkan (isi buku tersebut) tanpa terpengaruh oleh kehilangannya. Begitu engkau dengan semangat mempelajari sebuah buku, mencoba memahami isinya, janganlah mempelajari buku yang lain dengan menghabiskan waktu yang seharusnya digunakan untuk buku yang pertama saja. Jangan mempelajari dua bidang studi sekalihus, tetapi penuhilah perhatianmu pada satu bidang selama satu tahun atau dua tahun atau sesuai dengan keperluan. Lalu setelah engkau mencapai tujuanmu di bidang tersebut barulah engkau lanjutkan dengan bidang studi lain. Jangan mengharap bahwa engkau dapat bersenang-senang dengan santai; sebaliknya engkau harus selalu mengasahnya dengan ulangan dan sering mengingatnya; dan jika engkau adalah seorang pemula dengan membaca bersuara, belajar dan berdiskusi sesama teman. Jika engkau seorang ilmuwan berpengalaman dengan mengajar dan menulis buku. Jika engkau mengajarkan satu disiplin ilmu atau berdebat di bidang tersebut, janganlah mencampurkan dengan disiplin ilmu yang lain, sebab setiap disiplin ilmu lengkap dengan sendirinya dan bisa berjalan tanpa yang lain. Bila engkau mencari bantuan ke dalam disiplin ilmu lain, itu menunjukkan ketidakmampuanmu untuk menghabiskan isi satu disiplin. Perumpamaannya adalah seperti seseorang yang menggunakan satu bahasa untuk bahasa lain yang ia ketahui secara tidak sempurna atau karena tidak mengetahui sebahagian dari bahasa pertama.”
Ilmuwan-ilmuwan muda harus mempertahankan kehidupan yang sederhana dengan kerendahan hati, dan menyadari bahwa proses belajar itu meninggalkan jejak dan aroma yang menjadi petunjuk bagi generasi yang akan datang, secercah sinar terang memancar di atasnya….. ibarat seorang dengan obor berjalan di kepekatan gelap malam.”

Translated from:Rise of Colleges by George Makdisi (Syaikh’Abd al-Lathif al-Baghdadi ‘s statement)

0 Responses to “Pesan buat penuntut ilmu”

Posting Komentar